Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Taman Tugu Malang

Lokasi : Depan Balai Kota Malang
Taman Tugu Kota Malang merupakan salah satu ruang terbuka hijau yang dimiliki oleh warga Malang. Taman Tugu yang terletak di pusat kota Malang (terletak di depan balai kota Malang) ini dimanfaatkan oleh warga malang dan pendatang/pelancong untuk tempat tujuan melepas lelah. Seperti sebutan kota Malang yang terkenal dengan Kota Bunga, Taman Tugu ini dapat mewakili sebutan tersebut karena terdapat berbagai vegetasi atau bunga yang memancarkan keindahannya.
Desain dari Taman Tugu ini berbentuk bulat dan di kelilingi oleh jalan raya. Terdapat 5 jalan masuk untuk menuju ke taman ini. Pengunjung yang membawa kendaraan bermotor dapat meletakan kendaraan di tempat parkir yang telah disediakan di seberang taman. Dengan hanya membayar 1000 saja kendaraan pengunjung akan tetap aman.
Ditengah taman terdapat kolam dan ditengah kolam berdiri kokoh monumen tugu yang mempunyai nilai sejarah. Ada tulisan tentang monumen ini namun saya tidak dapat membacanya karena terlalu kecil dan terletak di bagian pedestal monumen tersebut.  Kolam tersebut berisi air yang tenang dan terdapat tanaman teratai yang berwarna merah putih dimana membuat kesan adem bila kita melihatnya. Pemilihan teratai yang berwarna merah dan putih melambangkan keberanian dan kesucian rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan. Untuk memudahkan kita menikmati keindahan kolam dan beristirahat, di sekeliling kolam terdapat tempat duduk yang menghadap ke kolam tersebut.
Taman Tugu Malang terletak di pusat kota. Lingkungan sekitar taman terdapat berbagai bangunan yang terletak di seberang taman. Taman tersebut antara lain bangunan SMA 1 Malang, Balai Kota Malang, dan beberapa bangunan lainnya. Pada malam hari disekitar taman terdapat penjual makanan dan minuman. Selain bangunan disekitar taman banyak pohon – pohon peneduh yang selain untuk keindahan tetapi juga berfungsi untuk paru-paru kota karena jalan yang melingkari taman ini sangatlah ramai dengan kendaraan bermotor yang melintasi jalan ini.






Pada pagi hari Taman Tugu ini ramai dikunjungi oleh masyarakat Malang yang ingin jogging, bersantai sambil membawa anak-anak, penjual makanan dan orang yang berpacaran. Pada pagi hari udara Malang yang masih sejuk karena masih belum terpolusi oleh kendaraan bermotor membuat nyaman para pengunjung untuk menikmati keindahan Taman Tugu ini. Keindahan Taman dengan warna-warni berbagai tanaman dimanfaatkan warga untuk mengabadikan gambar dengan berfoto-foto.
Tetapi pada siang hari Taman Tugu ini akan terlihat sepi. Hanya ada petugas kebersihan yang sedang menjalankan tugasnya untuk membersihkan taman agar tetap terlihat indah. Apabila kita berkunjung ke taman pada siang hari kita akan merasa kepanasan, karena di tengah-tengah taman tidak ditumbuhi pohon-pohon peneduh. Pohon-pohon peneduh hanya tumbuh di sekeliling taman.

Suasana taman pada malam hari akan terlihat sangat meriah di banding pada pagi dan siang. Pengunjung taman pada malam hari akan disuguhi keindahan taman dengan warna- warni lampu sorot yang dipasang di taman tersebut. Kalangan remaja yang terlihat begitu banyak mengunjungi taman pada malam hari, baik remaja yang berkumpul dengan teman-temannya atau remaja yang lagi dimabuk asmara. Bisa dikatakan pada malam hari taman Tugu ini berubah menjadi taman yang romantis.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Followers