Diberdayakan oleh Blogger.
RSS


Rumah Makan Joglo Dau
 
Lokasi : Rumah Makan Joglo Dau.
    Malang.
clip_image002
 
Joglo dau merupakan salah satu restaurant yang  terletak di kota Malang tepatnya pada jalan Raya Sumber Sekar Dau Sengkaling.
 
Pada saat saya memasuki gerbang masuk Joglo Dau,saya bilang dalam diri saya sunggung mengagumkan salah satu aset budaya Nusantara di negara ini. Alangkah sungguh menakjubkan bangsa ini yang memiliki berbagai macam suku dan budaya yang berbeda.

clip_image002
Bangunan Utama
Joglo Dau merupakan Restaurant yang mengusung konsep joglo. Walaupun hanya pada bagian atapnya saja. Restaurant ini  tidak terdiri dari satu bangunan saja, melainkan beberapa unit bangunan dari beberapa area.
walaupun hanya sebuah rumah makan,Joglo Dau sangat terasa kehidupan kebudayaan Jawa tempo dulu. Dimana rasa sebagai masyarakat Jawa sangat terasa kental pada bangunan ini. Rumah joglo mempunyai kerangka bangunan utama yang terdiri dari soko guru berupa empat tiang utama penyangga struktur bangunan serta tumpang sari yang berupa susunan balok yang disangga soko guru. Ukiran-ukiran kayu, bentuk atap yang menjulang tinggi serasa menimbulkan kesan yang karismatik bagi saya. Sebuah rasa yang sangat mendalam dengan kebudayaan Jawa.


 
Adapun galeri yang terdapat pada bagian belakang, yang menampilkan lukisan-lukisan dan barang-barang bernilai seni lainnya.

Bangunan utama ini sendiri menggunakan konsep joglo sehingga tidak ada lagi dinding atau partisi yang memisahkan bangunan dengan daerah luar.Konsep joglo yang dihadirkanpun sangat cantik karena mereka menyajikannya sangat detail. Seperti pada listplanknya begitu indah dan tidak akan membosankan bila dipandang terus menerus karena tercipta ukiran yang begitu apik pada papanya. Rangka atapnya pun diukir sedemikian rupa sehingga mata pengunjung merasa begitu dimanjakan oleh ukiran-ukiran yang tidak kalah apiknya seperti pada bagian listplank.

 Pada bagian tengah bangunannya ditata barang-barang pajangan antik berupa guji-guji tua, foto-foto, dan beberapa pahatan-pahatan yang terbuat dari akar pohon jati.
Ukiran-ukiran kayu yang menempel pada struktur bangunan ini sangat berbeda dengan apa yang saya lihat sejak masa kecil saya saat diajak bersama kakak saya berjualan barang antik termasuk ukiran kayu pada bangunan joglo ini. Dulu pada saya melihat ukiran-ukiran pada bongkahan kayu saya hanya merasakan itu adalah sebuah karya seni seorang manusia,tapi lain cerita pada saat bongkaha-bongkahan kayu tersebut di gabungkan pada bagian struktur sebuah bangunan itu adalah merupakan salah satu dari sebuah mahakarya anak manusia pada jaman dulu.
Sungguh-sungguh menakjubkan pada saat saya melihatnya.
Sehingga selagi menunggu pesanan ataupun menyantap makanan, pengunjung bisa sambil menikmati pajangan berupa barang-barang antik zaman dahulu yang dipajang. Kiatapun kembali merasa seperti hidup kembali pada zaman dahulu, karena memang banyak barang-barang yang antik dari zaman dahulu.

Sebenarnya konsep pada bangunan ini cukup apik tetapi terkesan “sesak”  dikarenakan terlalu banyak barang pajangan yang memenuhi area tersebut. Sehingga kita tidak akan telalu puas meningmati setiap barang pajangan yang ada, karena terlalu banyak barang yang dipajang pada area yang tidak terlalu luas.
clip_image012
Bukan hanya ukiran-ukiran kayunya yang bikin menarik,tetapi disekitar joglo tersebut terdapat pula berbagai bangunan yang mendukungnya.
Menurut informasi yang saya tahu,bangunan-bangunan yang mendukung tersebut adalah Pendopo,Pringgitan,dan Dalem.
Tapi sayang ,di dalam Joglo Dau ini saya kurang mengetahuni dimana letaknya bangunan-bangunan tersebut. Karena bangunan disekitar banyak yang dijadikan tempat peletakan barang-barang antik yang ditujukan pada pengunjung yang datang. Walaupun begitu,saya sangat senang dengan pengalaman arsitektur yang saya alami. Dan saya harap,suatu hari nanti saya dapat mengunjungi rumah adat Jawa yang sebenarnya. 
Ya semoga saya akan mendapatkan kesempatan lain kali kali. dan mudah-mudahan ini bukanlah pertama dan terakhir kalinya bagi saya mendapatkan pengalaman arsitektur.
Suatu hari nanti.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Followers